Batu Jilatan Untuk sarat memancing

Bagikan

Nama : Batu Jilatan

Hub.  Hp. 085350090342 BB :5D7C7DAB Marlina







Menurut suatu cerita masyarakat Batu Jilatan merupakan sebuah batu yang berukuran besar yang biasa terdapat di tengah hutan ataupun di tengah danau/ perairan yang biasa didatangi oleh berbagai makhluk hidup untuk dijilati pada malam hari. Batu jilatan ini biasanya digunakan untuk menarik hadirnya berbagai jenis binatang khususnya ikan, dan juga binatang-binatang lainnya untuk mendatangi batu tersebut dengan mudah.

Batu jilatan ini ada yang berwarna hitam dan juga putih yang disesuaikan dengan fungsinya. Bila yang berwarna hitam adalah batu jilatan darat, dan jika berwarna putih adalah batu jilatan air. Batu jilatan ini sebenarnya banyak digunakan untuk keperluan memancing agar mudah untuk mendapatkan tangkapan ikan dengan hasil yang banyak pula. Batu ini baik digunakan bagi para pemancing dan juga pengusaha kuliner yang menjual berbagai jenis asakan yang berhubungan dengan ikan.


Untuk batu jilatan hitam pun fungsinya sama, hanya saja ia lebih condong untuk  perburuan saat kita tengah berada di daratan.

Pada dasarnya batu jilatan yang ada akan dipecah menjadi batu jilatan yang berukuran kecil yang dapat dibawa maupun diikatkan pada permukaan kail pancing atau senjata berburu untuk memudahkan proses penangkapan. Batu ini dapat juga dikenakan ataupun diletakkan di dompet guna menarik perhatian dari sang hewan dan juga sebagai media pelarisan.


=================================================








Batu Jilatan yang Multifungsi

Menurut kepercayaan masyarakat di suatu daerah pedalaman Suku Dayak, pada zaman dahulu ada sebuah sumur yang didatangi seekor banteng besar. Apabila ada orang yang mencoba mendekati sumur tersebut, maka kerbau itu akan menghadang mereka. Akan tetapi, banyak hewan liar lainnya yang mendekati sumur tersebut hanya untuk meminum airnya, mereka tidak saling memangsa termasuk hewan buas sekalipun. Sesudah itu mereka mencari sebuah batu dan menjilatnya sehingga dinamakan batu jilatan. Saat meminum air sumur dan menjilat batu itu hewan yang sedang berada di dekat sumur itu menjadi sukar dilukai dan tidak dapat ditangkap. Oleh karena itu, masyarakat setempat menggunakan batu yang dijilat oleh hewan tersebut untuk memancing kedatangannya dan menombaknya sebelum hewan itu mencapai sumur dan batu itu. Batu jilatan ini berbentuk bulat seperti setengah serta tidak tembus cahaya.

Sampai suatu ketika banteng yang menjaga sumur tersebut mati, semua orang yang ada di desa itu mengambil batu di dalam sumur yang ternyata sangan banyak dan menyimpannya di rumah mereka. Lalu, berdasarkan cerita-cerita tersebut, ada orang yang menggunakan batu jilatan itu untuk memancing dan mengejutkan bahwa hasil pancingannya hari itu sangat banyak dibandingkan sebelum menggunakan batu jilatannya itu. Sejak saat itulah hingga sekarang orang-orang mempercayai keberadaan batu jilatan untuk memancing sehingga batu ini sangat cocok bagi mereka yang bermatapencaharian sebagai pemancing atau begerak di bidang usaha kuliner agar memperoleh banyak keuntungan. Dua warna yang ada pada batu jilatan ini memiliki fungsi yang berbeda, yakni warna putih untuk kegiatan pemancingan dan warna hitam untuk kegiatan perburuan yang dilakukan di darat.

Selain berfungsi untuk menarik hewan-hewan buruan dan pancingan , dari pengalaman banyak orang yang menggunakan batu ini, banyak sekali kegunaan yang mereka coba manfaatkan seperti salah satu contoh ketika ada seorang pencuri dari luar desa mencoba untuk keluar dari rumah salah satu warga yang menyimpan batu jilatan itu, ia tidak bisa menemukan jalan keluar yang ada di dekatnya dan akhirnya tertangkap basah sehingga diyakini bahwa batu itu dapat melindungi rumah dari orang jahat. Pernah juga ada yang mencoba meletakannya di toko lalu mendapatkan banyak pelanggan. Oleh karena itu, batu jilatan ini juga bisa digunakan sebagai pelaris. Batu ini juga dapat dimodifikasi menjadi aksesoris yang dapat digunakan sehari-hari sebagai cincin atau liontin. Dapat juga sebagai hiasan dompet agar terlihat semakin trendy karenanya warnanya yang hitam dan putih terlihat simpel sehingga terlihat bagus saat dipakai. Saat ini juga sudah banyak yang menjual aksesoris pelengkap batu jilatan ini seperti case yang berbentuk kalung agar batu bisa diletakkan di dalamnya.
 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

4 komentar

 
Copyright © 2013 - 2015. Tetes Embun Subuh - All Rights Reserved